Suatu siang saya mengunjungi perusahaan yang bergerak di bidang
telekomunikasi, Point2000 di bilangan Roxy Mas, Jakarta Pusat. Saya
menemukan sesuatu yang menarik terpampang di tempat strategis tentang
sebuah coorporate value yaitu POINT yang ternyata mempunyai arti sangat
bagus. P = professionalism, O = optimism, I = integrity, N = net
working dan T = team work. Menurut sang pemilik Herson Thanos, dengan
coorporate value tersebut diharapkan para manajemen dan seluruh karyawan
dapat menjalankannya. Memang implementasinya tidaklah semudah
membacanya. Setiap orang, termasuk Anda dalam bekerja harus melakukannya
secara profesional. Dan untuk membuat Anda bekerja secara profesional
maka Anda harus mempunyai sifat yang optimis. Sikap optimis sangat
diperlukan agar setiap orang bekerja secara maksimal. Integritas
seseorang diukur dengan perilaku sehari-hari seperti absensi, kejujuran,
etos kerja dan sebagainya. Jika setiap orang mempunyai integritas yang
baik maka mereka akan menjunjung tinggi nama baik dan tujuan perusahaan.
Sedangkan networking atau jaringan diperlukan untuk memperluas bisnis
perusahaan agar mudah untuk memasarkan produk dan menjangkau pasar yang
lebih luas. Yang sangat penting adalah team work, karena POIN jika
tidak ada T maka tidak akan menjadi POINT. Penjabarannya adalah jika
tidak ada kerja sama yang baik sebagai satu team, sehebat apapun ke
empat unsur tadi tidak akan bermanfaat.
Tadi sudah diceritakan POINT Positif yang semuanya menunjukkan ciri-ciri achiever. Dasar seorang penulis, maka saya iseng membuat lawannya atau mediocre. Ternyata setelah berpikir dan mencari yang tepat, akhirnya saya menemukan juga. POINT mediocre sebagai berikut, P= pessimism, O = opportunist, I = inconsistent , N = negative thinking dan T = trouble maker. Jika di perusahaan banyak orang yang pesimis, tidak konsisten , pembuat onar dan selalu berpikiran negatif maka dapat dibayangkan perusahaan itu akan jalan di tempat. Sedangkan orang yang opportunist adalah orang yang selalu mencari kesempatan dari situasi tertentu untuk keuntungannya sendiri. Tipe orang ini sangat berbahaya karena bisa menjadi musuh dalam selimut maupun sebagai provokator. Sebuah perusahaan tidak akan bisa berkembang jika banyak karyawannya yang berperilaku POINT negatif. Mereka adalah para karyawan bermental mediocre. Jika tidak segera dibenahi maka secara perlahan akan menurunkan kinerja perusahaan dan mungkin saja perusahaan tersebut akan makin terpuruk.
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda seperti POINT Positif? Jika ya, berarti Anda telah menjadi seorang achiever, teruskan dan yakinlah selangkah lagi Anda akan meraih banyak keberhasilan. Tapi bagi Anda yang berperilaku POINT negatif, segera perbaiki sebelum manajeman perusahaan Anda menyadari dan menjatuhkan hukuman kepada Anda.
"Perusahaan telah membayar harga yang mahal kepada kita, sekarang buktikan Anda menjadi POINT positif, dan bukan sebagai POINT negatif".
Tadi sudah diceritakan POINT Positif yang semuanya menunjukkan ciri-ciri achiever. Dasar seorang penulis, maka saya iseng membuat lawannya atau mediocre. Ternyata setelah berpikir dan mencari yang tepat, akhirnya saya menemukan juga. POINT mediocre sebagai berikut, P= pessimism, O = opportunist, I = inconsistent , N = negative thinking dan T = trouble maker. Jika di perusahaan banyak orang yang pesimis, tidak konsisten , pembuat onar dan selalu berpikiran negatif maka dapat dibayangkan perusahaan itu akan jalan di tempat. Sedangkan orang yang opportunist adalah orang yang selalu mencari kesempatan dari situasi tertentu untuk keuntungannya sendiri. Tipe orang ini sangat berbahaya karena bisa menjadi musuh dalam selimut maupun sebagai provokator. Sebuah perusahaan tidak akan bisa berkembang jika banyak karyawannya yang berperilaku POINT negatif. Mereka adalah para karyawan bermental mediocre. Jika tidak segera dibenahi maka secara perlahan akan menurunkan kinerja perusahaan dan mungkin saja perusahaan tersebut akan makin terpuruk.
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda seperti POINT Positif? Jika ya, berarti Anda telah menjadi seorang achiever, teruskan dan yakinlah selangkah lagi Anda akan meraih banyak keberhasilan. Tapi bagi Anda yang berperilaku POINT negatif, segera perbaiki sebelum manajeman perusahaan Anda menyadari dan menjatuhkan hukuman kepada Anda.
"Perusahaan telah membayar harga yang mahal kepada kita, sekarang buktikan Anda menjadi POINT positif, dan bukan sebagai POINT negatif".